Minggu, 24 November 2013

MUSDES IV HASIL KERJA RIS PNPM IP 4 DESA KEC.BUAY RAWAN OKU SELATAN



PNPM Mandiri adalah program nasional penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat. Pengertian yang terkandung mengenai PNPM Mandiri adalah :
PNPM Mandiri adalah program nasional dalam wujud kerangka kebijakan sebagai dasar dan acuan pelaksanaan program-program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat. PNPM Mandiri dilaksanakan melalui harmonisasi dan pengembangan sistem serta mekanisme dan prosedur program, penyediaan pendampingan dan pendanaan stimulan untuk mendorong prakarsa dan inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan.

Pemberdayaan masyarakat adalah upaya untuk menciptakan/meningkatkan kapasitas masyarakat, baik secara individu maupun berkelompok, dalam memecahkan berbagai persoalan terkait upaya peningkatan kualitas hidup, kemandirian dan kesejahteraannya. Pemberdayaan masyarakat memerlukan keterlibatan yang besar dari perangkat pemerintah daerah serta berbagai pihak untuk memberikan kesempatan dan menjamin keberlanjutan berbagai hasil yang dicapai.
Sedangkan Tujuan yang ingin dicapai dalam pelaksanaan Program PNPM Mandiri ini adalah :

Tujuan Umum
Meningkatnya kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin secara mandiri.
Tujuan Khusus
- Meningkatnya partisipasi seluruh masyarakat, termasuk masyarakat miskin, kelompok perempuan,
   komunitas adat terpencil dan kelompok masyarakat lainnya yang rentan dan sering terpinggirkan ke
   dalam proses pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan.
- Meningkatnya kapasitas kelembagaan masyarakat yang mengakar, representatif dan akuntabel.
- Meningkatnya kapasitas pemerintah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama
   masyarakat miskin melalui kebijakan, program dan penganggaran yang berpihak pada masyarakat
   miskin (pro-poor)
- Meningkatnya sinergi masyarakat, pemerintah daerah, swasta, asosiasi, perguruan tinggi, lembaga
   swadaya masyarakat, organisasi masyarakat dan kelompok perduli lainnya untuk mengefektifkan
   upaya-upaya penanggulangan kemiskinan.
- Meningkatnya keberadaan dan kemandirian masyarakat serta kapasitas pemerintah daerah dan
   kelompok perduli setempat dalam menanggulangi kemiskinan di wilayahnya.
- Meningkatnya modal sosial masyarakat yang berkembang sesuai dengan potensi sosial dan budaya
   serta untuk melestarikan kearifan lokal.
- Meningkatnya inovasi dan pemanfaatan teknologi tepat guna, informasi dan komunikasi dalam
   pemberdayaan masyarakat.

Hasil monitoring lensa selatan online terhadap penerapan dan pelaksanaan Program RIS.Pnpm.IP di wilayah kecamatan buay rawan kabupaten OKU Selatan beberapa waktu yang lalu, dalam acara musdes IV di Desa Pekuwolon selasa 19/11/2013, desa Rantau panjang dan desa majar Rabu 20/11/2013, Desa gunung cahya kamis 21/11/2013. dalam acara tersebut dihadiri Fasilitator masyarakat bidang teknik Harlian, beserta rombongan tiem, kepala desa beserta perangkat, ketua serta rombongan Oms, serta para tokoh masyarakat desa serah terima hasil kerja dari OMS yang diwakili ketua oms kepada masyarakat merupakan suatu wujud transparansi kegiatan dan berarti jadwal kerja para Oms telah selesai dalam pengelolaan program pembangunan infra struktur bantuan pemerintah di masing-masing desa tersebut.

Seperti yang disampaikan masing-masing ketua Oms dalam pertanggung jawaban hasil kerja, ke-empat desa tersebut memanpaatkan dana bantuan pemerintah (Ris Pnpm) untuk pembangunan jalan setapak, diantaranya jalan setapak menuju fasilitas umum rumah ibadah (masjid), jalan setapak menuju jalan perkebunan masyarakat, dan jalan setapak lingkungan tempat tinggal masyarakat.

Di sela akhir acara saat Harlian (FM.Tekhnik kecamatn Buay rawan) dibincangi lensa selatan Online “ Dengan telah selesainya pada hari ini acara musdes IV desa gunung cahya, berate untuk tahap pengelolaan pekerjaan infrastruktur jalan dari ke-empat desa di kecamatan buay rawan telah selesai, tinggal langkah lanjut tentang administrasi pelaporan hasil kegiatan, dan saya selalu sampaikan kepada lapisan masyarakat di desa masing-masing agar mereka dapat bekerjasama yang baik dalam pemeliharaan dan perawatan hasil pembangunan yang sudah ada, sehingganya di tahun kedepan dana-dana bantuan dari pemerintah akan dengan mudah turun kedesa, selaku tiem tekhnik di RIS Pnpm saya selalu berusaha menerapkan yang terbaik untuk masyarakat, baik tentang tekhnik pengerjaan pembangunan, peningkatan mutu kerja, maupun tentang cara perawatan hasil pekerjaan” tegas harlian.
Di tempat yang sama, mewakili masyarakat, Kepala desa Gunung cahya Rizal saat di sambangi lensa selatan online “Selaku pemerintah desa mewakili segenap lapisan masyarakat khususnya di desa Gungung cahya, kami mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan dan kepedulian pemerintah kabupaten OKU Selatan dan Pemerintah Negara republic Indonesia yang telah memberikan dana bantuan untuk pembangunan infrastruktur kepada kami di pemerintahan desa gunung cahya demi untuk mewujudkan pengentasan kemiskinan dan demi kemakmuran rakyat di pedesaan, kami sangat berharap setelah ini nanti akan lebih banyak dana-dana bantuan pemerintah untuk pembangunan yang lain di desa kami ini pada khususnya” pungkas Rizal. *fh*  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar